Facebook Twitter Friendfeed
Gratis berlangganan artikel!

23 Mar 2012

SEO = Ilmu, Seni & Tips Memahami Search Engine

23 Mar 2012

Date
Tags →

Seperti kata pepatah "Segala sesuatu itu harus/pasti ada ilmunya...", begitu pula dalam SEO. Lalu, bagaimana ilmu teknik atau seni SEO itu?
Postingan kali ini bukan bermaksud untuk mengklaim definisi baru tentang yang namanya ilmu search engine optimization (SEO) itu sendiri, apakah kategori seni atau kategori teknik, tapi maksud saya dengan memahami dan menyadari bahwa SEO adalah merupakan bagian dari seni yang di harapkan (terutama bagi pemula) akan merasa lebih free-rileks-santai dan mudah mempelajari dan menguasainya, karena seperti kita tau kebanyakan kesulitan atau masalah yang di alami untuk mempelajari per-SEO-an ini oleh para kebanyakan blogger-webmaster alasannya adalah tentang algoritma dan teknik yang rumit, padahal rumit atau mudah itu relatif.

Mengapa seperti itu? Jawabannya adalah karena....

  1. Search engine dengan algoritma pemrogramannya merupakan sesuatu yang bermuatan teknis-logis, tapi SEO merupakan seni memainkan atau mengolah content serta keyword. Seperti halnya peralatan-peralatan photography, kamera, alat cetak,alat pencahayaan adalah sesuatu yang bermuatan teknis, tapi photography merupakan seni memotret atau mengolah serta menghasilkan komposisi gambar (art).
  2. Search engine dan seorang pemain SEO adalah persis ibarat sebuah game di dalam komputer dengan seorang pemain game (gamer). Program game adalah teknis dan logis, tapi seorang gamer harus memiliki seni dalam memainkan program/game tersebut, yang tentunya membutuhkan keahlian, pengalaman, insting untuk memenangkan permainan. Meskipun, misalnya sebuah program game tersebut adalah buatan kita sendiri, yang artinya mengerti persis algoritmanya, tidak berarti kita lebih mahir memainkan permainan tersebut dari orang lain yang sama sekali tidak mengerti pemrograman (kecuali jika kita main curang dengan membuat kode cheat). Begitu juga dengan SEO, kita bisa mendapatkan atau membeli informasi/curang, atau biasa dikenal dengan sebutan black hat SEO.
  3. Dengan naluri seni memperhatikan gerak-gerik search engine dan seni memainkan/mengolah konten serta menerapkan keyword supaya bagus, indah, informatif, unik maka dari itu jantungnya di sebut per-SEO-an dan segudang istilah-istilah berbau teknis pada setiap tutorial SEO hanyalah ibarat istilah dalam kamus yang boleh di hapal boleh tidak. Contoh : pakar ekonomi yang tau segala istilah dan teknik menjadi kaya bukan berarti lebih pinter cari duit dari yang tak mengerti ilmu ekonomi, seperti halnya para guru atau dosen yang hanya hapal banyak istilah dan teori.

Oleh karena itu, SEO merupakan hal yang krusial, yang perlu kita pahami dan terapkan dalam menggapai rangking teratas di search engine.



1 komentar:

semoga komentar anda bermanfaat bagi kami semua dan turut memajukan semangat untuk memperbaiki kesalahan kami......

-:: TRIMAKASIH ANDA TIDAK BERKOMENTAR SPAM ::-

 

Stats & Directories

Berlangganan Artikel Via Email

Join and get updates by Submitting your email address:
GET UPDATE VIA EMAIL

Join Our Team!

Ghost Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Pendiari
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...